Kamis, 09 Maret 2017

Apa itu Penelitian Sastra? (Penjelasan Singkat)



penelitian sastra
Penelitian Sastra

                Penelitian adalah mencari bukti-bukti baru yang dikembangkan menjadi teori untuk memperdalam dan memperluas ilmu tertentu. Setiap ilmuwan melakukan penelitian didasari adanya rasa ingin tahu atau curiosity. Rasa ingin tahu tersebut membuat mereka melakukan penelitian demi memperdalam dan memperluas ilmu yang digelutinya. “Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilandaskan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara metodologis, sistematis dan konsisten yang bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi hasrat manusia untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya (Soerjono Soekanto, 2016).” Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian sastra adalah penelitian di bidang sastra demi salah satu tujuan memperdalam dan memperluas ilmu sastra.
                Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari sebuah penelitian sastra, beberapa diantaranya yaitu: (1) memberikan manfaat bagi pengembangan keilmuan sastra; (2) memperluas cakrawala apresiasi pembaca sastra; dan (3) menambah referensi untuk penelitian karya sastra lain.
                Pada dasarnya, menyusun penelitian sastra sama dengan menyusun penelitian lainnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian sastra, seperti: (1) Hipotesis dan asumsi tidak diperlukan; (2) Populasi dan sampel tidak mutlak dibutuhkan; (3) Kerangka penelitian tidak bersifat tertutup; (4) tidak dibutuhkan objektivitas dalam pernyataan umum; dan (5) objek sesungguhnya bukan bahasa, tetapi teks atau wacana. “Karya sastra sering dinilai sebagai objek yang unik, dan sering sukar diberikan rumusan yang jelas dan tegas (Metode dalam Penelitian, 2009),” oleh karena itu dibutuhkan metode dan metodologi yang berbeda dari penelitian alam. Metode-metode penelitian sastra tersebut adalah intuitif, hermeneutika, kualitatif, analisis isi, formal, dialetika, dan deskriptif analisis.
                Penelitian adalah suatu hal atau kegiatan yang sedang marak di kalangan pelajar  Indonesia terutama Yogyakarta. Sayangnya, penelitian sastra perkembangannya tidak secepat perkembangan penelitian ilmiah alam. Penelitian sastra perlu dikembangkan di Indonesia, karena jika dibandingkan dengan negara lain seperti Inggris, Perancis, apalagi Arab perkembangan sastra di Indonesia masih tertinggal jauh.


DAFTAR PUSTAKA
  • Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Denpasar: Pustaka Pelajar.
  • Figter, Fauzi. 2015. Penelitian Karya Sastra. http:// fauzifigter.blogspot.co.id/2015/02/penelitian-karya-sastra.html .diakses pada Senin, 30 Januari 2017 pukul 14.01.
  •  Organisasi Wikipedia. 2016. Soerjono Soekanto. https:// id.wikipedia.org/wiki/Soerjono_Soekanto .diakses pada Senin, 30 Januari 2017 pukul 16.00.
  • Anonim. 2009. Metode dalam Penelitian Sastra. http://2033-2033.blogspot.co.id/2009/01/metode-dalam-penelitian-sastra.html .diakses pada Senin, 30 Januari 2017 pukul 17.00
  •  Anonim. 2012. Proposal Penelitian Sastra. http://sastra33.blogspot.co.id/2012/07/proposal-penelitian-sastra-nilai-nilai.html .diakses pada 20.00
  • Assyifa, Meya. 2014. Metode Penelitian Sastra. http://ketikatuhanjatuhcinta.blogspot.co.id/2014/03/metode-penelitian-sastra.html .diakses pada Senin, 30 Januari 2017 pukul 20.30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar